8.25.2010

MENJADI PEMBACA CEPAT DAN EFEKTIF


MENJADI PEMBACA CEPAT DAN EFEKTIF


            Sebagai seorang pelajar , kita di tuntut untuk selalu membaca baik yang berkaitan dengan bidang studi atau dalam konteks bermasyarakat.Bagaimana caranya agar kita dapat menjadi seorang pembaca yang baik??

            Untuk dapat menjadi seorang pembaca yang baik..
Yang kita
perlukan adalah keterampilah membaca cepat  dan efektif artinya selain mampu membaca dengan tingkat kecepatan tertentu , ia juga mampu mengingat dan memahami materi yang dibacanya minimal 60%. Untuk memahami suatu teks ,kita tidak harus membaca semua kata satu demi satu.Temukanlah kata kuncinya!!karena tidak semua rincian bacaan harus dilihat.


            Upaya agar kita dapat menjadi seorang pembaca yang baik ialah dengan cara mengatur irama kecepatan membaca , disesuaikan dengan tujuan dan keadaan teks yang dibaca.Mengatur irama kecepatan membaca cepat perlu disertai pikiran yang kritis sehingga bagian yang penting dalah teks bisa ditemukan secara cepat.

Bagi pembaca  yang efektif yang dikihat adalah satuan pikiran pada tiap baris teks , bukan kata demi kata . Satuan pikiran itu berbentuk FRASA atau kelompok kata , dan inilah  yang disebut kata-kata kunci ,,,
Oleh karena itu agar terampil membaca cepat dan efektif , membaca kata demi kata tidak dianjurkan..



Untuk dapat menjadi seorang pembaca yang cepat dan efektif , diperlukan latihan sambil menghilangkan kebiasaan buruk yang menghambat kecepatan membaca , CARANYA ADALAH:

-tinggalkan kebiasaan membaca dengan bersuara atau bibir komat kamit.biasakan membaca dengan cara mengatupkan bibir tanpa bersuara.

-Hindari kebiasaan membaca sambil menggerakkan kepala mengikuti baris teks.Biasakanlah saat membaca yang bergerak bukan kepala melainkan mata.posisikan mata lurus dengan teks yang dibaca.

-Hindari membaca sambil menunjuk teks dengan jari tangan.

-Jangan melihat kembali baris teks yang telah dibaca.setiap kalimat baca sampai selesai!

-Jangan membaca sambil hati ikut mengeja.hal ini memperlambat proses belajar.


Faktor lain yang berpengaruh terhadap keterampilan membaca cepat dan efektif:

-kondisi ruang baca meliputi pencahayaan yang baik dan suasana tenang.

-kondisi fisik sehat , tidak ngantuk dan tidak sedang lapar

-Gerakkan mata dengan cepat dan melebarkan pandangan.

Semoga bermanfaat …
Wassalam wr.wb







0 komentar:

Posting Komentar